Minggu, 18 Desember 2011

Mandi Bola cegah kacer turun ke dasar Sangkar

Mandi bola cegah kacer turun ke dasar sangkar

mandi bola untuk membuat kacer tidak melantai
Mandi bola untuk membuat kacer tidak melantai
Teman-teman, ini adalah artikel kelanjutan dari artikel berjudul Tips memilih burung kacer dada putih untuk lomba versi Agrobis. Okey…. selain mbagong atau mbedesi, kacer juga pantang kalau sampai main di bawah atau di lantai, atau sebut saja melantai. Burung dari luar sangkar menjadi kurang terlihat. Burung yang nampil di lantai, sesungguhnya merupakan tabu bagi hampir semua jenis burung, bukan hanya kacer saja.
Hanya saja, kacer punya kecenderungan untuk main di Iantai ketika mentalnya kalah dengan musuh di sebelahnya.
Ada sejumlah kiat yang dilakukan oleh kacer mania untuk mengakali supaya burung tidak mau turun tapi tetap nagen di pangkringan.
Cara yang paling klasik antara lain dengan memasang karet pentil di bagian bawah. Bila burung mau turun dan kemudian merasa mentul-mentul, akan takut dan kembali ke pangkrlngan.
Ada pula yang menggunakan pecahan es balok atau menggunakan es kristal yang ditaruh di lantai. Entah karena takut dingin atau silau oleh pantulan dari es, burung juga ogah untuk turun dan tetap nancep di atas pangkringan.
Modus untuk membuat burung tidak mau turun ke lantai yang paling baru adalah dengan menaruh puluhan bola kecil warna-warni. lstilah kerennya,mandi bola. Ya, itu memang bola-bola yang banyak dijual untuk arena mandi bola bagi anak-anak.
Sangkar besar
Kacer juga memiliki kelebihan pada gayanya, lebih tepatnya tariannya. Agar kacer mau menampilkan tarian secara maksimal, maka perlu diberi ruang yang relatif lega. Maka ukuran sangkar kacer sebaiknya agak besar jangan terlalu kecil. Ada yang malah menggunakan sangkar bundar yang biasa digunakan untuk murai baru. Dan sekarang lumrah dipakai untuk kacer.
Selain itu, agar gerakan lebih maksimal tanpa mengurangi nilai, sangkar bisa diberikan dua pangkringan, satu di bagian atas, satu agak menyamping di bagian lebih bawah. (Agrobis Burung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar